Jumat, 27 April 2012

31.Review Primera Bravo 4102 Disk Publisher

Robot Pengganda DVD   
Menggunakan teknologi ala robot, proses duplikasi kepingan berjalan otomatis. Cocok bagi usaha kecil yang membutuhkan cetakan cover di CD.  
Review yang lalu, kami menguji Primera Bravo SE AutoPrinter, yang merupakan printer pencetak label kepingan.
Nah, kali ini kami menguji Primera Bravo 4102 Disc Publisher yang bisa dibilang adalah pengembangan AutoPrinter. Pasalnya, perangkat ini tidak cuma bisa mencetak printer, namun juga menggandakan kepingan CD, DVD, bahkan Bluray. Kerennya lagi, seluruh proses berlangsung secara otomatis menggunakan teknologi robot. 
Cara kerjanya, di perangkat ini terdapat dua optical drive berupa DVD Writer (bisa diganti Bluray jika Anda mau). Selain itu, ada dua baki penampung kepingan—baki pertama untuk menampung kepingan yang akan diproses, sementara baki kedua untuk menampung kepingan yang sudah selesai.
Proses dimulai ketika tangan mekanis di Primera Disc Publisher memindahkan kepingan dari baki pertama ke DVD Writer. Setelah proses burning selesai, tangan mekanis akan memindahkan kepingan tersebut ke tray pencetakan. Setelah itu, kepingan tersebut pun akan ditaruh di baki kedua—menandakan proses duplikasi kepingan telah selesai. Semua berlangsung secara otomatis, sehingga terasa praktis dan juga canggih.  
Kerennya lagi, perangkat ini juga bisa memeriksa jumlah kepingan di baki pertama. Dengan menekan tombol di sebelah tombol Power, tangan mekanis akan menghitung ketebalan tumpukan dan menyajikan data berapa kepingan yang ada di tumpukan tersebut. Berdasarkan pengujian kami, pengukuran tangan mekanis tersebut terbilang akurat.
Untuk mengoperasikan perangkat ini, kita tetap membutuhkan komputer dan aplikasi bawaan yang disebut PTPublisher. Semua akti vitas untuk Primera Bravo bisa diatur di sini, mulai dari memilih data yang ingin digandakan sampai memilih desain label. Yang perlu dicatat, perangkat ini bisa digunakan untuk salah satu fungsi saja: hanya menggandakan kepingan atau mencetak label.
Aplikasi ini juga menyediakan aplikasi tambahan untuk mendesain tampilan pada label yaitu aplikasi SureThing. Dari sini tersedia beberapa template bawaan maupun pilihan untuk melakukan penggunaan gambar hasil kreasi sendiri. Sedangkan untuk proses burning kepingan, optical drive yang disediakan memiliki kecepatan maksimal sampai 16x. Hanya saja kami tidak menjumpai pengaturan kecepatan, jadi sepertinya perangkat ini secara otomatis akan menjalankan kecepatan terbaik yang bisa dijalankan. Karena disertakan dua optical drive, keduanya bisa digunakan secara bersamaan yang akan mempercepat proses penggandaan.
****
Karena selalu suka teknologi canggih, kami menyukai kecanggihan Primera Bravo 4102 Disc Publisher—utamanya tangan mekanisnya. Ada sensasi khusus melihat tangan mekanis tersebut memindahkan kepingan dari baki ke DVD Writer ke tray printer. Namun sensasi tersebut ada harganya. Dengan bandrolan harga sekitar Rp.29 juta, perangkat ini memang tidaklah murah. Primera Bravo Disc Publisher lebih cocok untuk industri kecil yang membutuhkan perangkat duplikasi dan pencetakan label secara otomat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar