Minggu, 20 Mei 2012

beberapa Jenis Teknologi Mouse

beberapa Jenis Teknologi Mouse

 

Perkembangan teknologi lagi-lagi seakan tak akan pernah ada matinya, berbagai macam bentuk perubahan yang ada dalam dunia teknologi itu ada karena kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan banyak. Berkembangnya teknologi sekarang ini jika di ibaratkan itu seperti pada awalnya manusia dulu yang baru bisa belajar membaca ejaan huruf demi huruf sampai pada akhirnya sekarang manusia bisa membaca dengan lancar, begitu juga dengan teknologi dulu yang awalnya komputer sebesar ruangan 3×4 meter bahkan lebih hingga akhirnya komputer sekarang bisa masuk kedalam tas. Ya seperti itulah perkembangan teknologi sekarang ini.
Bicara soal teknologi, yang sekarang ini jadi barang wajib di konsumsi orang-orang pada umumnya adalah gadget, dan teknologi internet (media sosial) namun tidak hanya itu teknologi software maupun hardwarepun juga tidak mau kalah. Postingan kali ini akan mengulas tentang berbagai macam jenis teknologi mouse yang beredar hingga sampai saat ini. Mulai dari mouse yang berteknologi Optik, BlueEye, Wireless, LED, maupun Sentuh dibawah ini akan di ulas satu persatu mengenai keunggulannya masing-masing.
Mouse BlueEye
Mouse BlueEye, sebuah teknologi mouse yang bisa bekerja tidak hanya di alas tertentu, tapi juga bisa bekerja diatas karpet, sofa, kaca berdebu maupun marmer, Selain bisa di medan apapun ada juga mouse yang berjenis BluEye ini ada juga yang di kombinasikan dengan teknologi wireless. Namun jangan berfikir jika mouse ini bisa di tempatkan pada medan apapun akan dicoba diletakkan diatas air jelas nantinya akan tidak berjalan :D
Mouse Wireless
Sesuai dengan namanya teknologi mouse yang ini dikendalikan tanpa menggunakan kabel, jadi sangat nyaman untuk digunakan untuk presentasi karena tidak terbatas dengan panjang ukuran kabel yang biasanya ada pada mouse-mouse lainnya. Meskipun begitu ada kekurangannya juga, seperti masalah jangkauan aksesnya. Rata-rata mouse wireless seperti ini mempunyai jarak normal sekitar 1-5meter, namun tak menutup kemungkinan ada pula mouse wireless yang mempunyai jangkauan sampai dengan 10 meter.

Mouse Optik

Teknologi mouse ini merupakan perkembangan dari teknologi mouse yang dulunya menggunakan bola di bawahnya untuk menggerakkan kursor di komputer namun mouse optik ini berjalan dengan sebuah lampu seperti lampu infra merah yang gunanya sebagai sensor penggerak kursornya. Selain itu, keunggulan lainnya ada juga beberapa jenis mouse seperti ini mempunyai lampu Led di samping kanan maupun kirinya yang biasanya dimanfaatkan sebagai pendamping komputer/notebook dikala mati lampu.

Mouse Game

Bagi pecinta game, ada mouse yang mempunyai desain khusus buat para gamers, dengan desain yang sangat nyaman di tangan ini, tidak hanya di gunakan pada tangan kanan tangan kiri pun juga nyaman digunakan. Umumnya mouse game ini mempunyai tambahan 4 sampai 6 tombol selain tombol right and left pada umumnya, yang tentunya mempunyai fungsi berbeda-beda.
Mouse Touch/Sentuh
Mouse sentuh atau istilah kerennya touch mouse ini mungkin bisa dikatakan kombinasi dari berbagai macam teknologi mouse optik, led, wireless. Karena rata-rata beberapa jenis mouse touch ini mempunyai teknologi yang lebih lengkap. Dengan desain sangat minimalis ini kabarnya touch mouse ini masih hanya bisa berjalan pada OS Windows saja, yang di unggulkan dari taouch mouse salah satunya adalah tidak licin, jadi sangat nyaman digunakan untuk me-maximize maupun minimize window, go-back maupun forward hanya dengan satu kali sentuhan.

Mungkin masih ada banyak jenis teknologi mouse yang ada, namun ini hanya sekedar bahan referensi buat teman-teman yang sekiranya harus perlu tahu bahwa perkembangan teknologi mouse yang awalnya dari scroll ball sampai dengan touch mouse ini. Semoga bermanfaat informasinya. Trims

Tidak ada komentar:

Posting Komentar